SUARA INDONESIA KEDIRI

Pemkot Kediri akan Bangun Akun Alun-alun Tahun Ini

Phepen - 20 January 2023 | 20:01 - Dibaca 259 kali
Pemerintahan Pemkot Kediri akan Bangun Akun Alun-alun Tahun Ini
Tampak Bagian Desain Rencana Wajah Baru Alun Alun Kota Kediri

KEDIRI - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri akhirnya akan membuat mega proyek pembangunan taman alun-alun yang dipastikan akan dimulai tahun ini.

Mengusung semangat The Spirit Of Kediri City, pengembangan wajah baru alun-alun Kota Kediri tetap memperhatikan seni dan ciri khas Kota Kediri dan juga dapat menjadi paru-paru Kota Kediri dengan adanya Plants in Design.

Realisasi Proyek Pembangunan Alun Alun Kota Kediri juga tak lepas dari peran DPRD yang turut memberikan sejumlah masukan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi B dan C di Gedung DPRD Kota Kediri, Jumat (20/ 1/2023).

Pemkot Kediri berencana mengeluarkan anggaran senilai Rp 25 miliar dari APBD 2023.

Dari sejumlah keterangan yang diperoleh dalam RDP (Rapat Dengar Pendapat) ini dihadiri oleh Komisi B dan Komisi C yang dipimpin oleh Katino selaku Wakil Ketua DPRD Kota Kediri dan Ketua Komisi.

Selain itu, para eksekutif yang diundang, Dinas PUPR, DLHKP dan unit kerja terkait.

Dari sejumlah desain yang diajukan, legislatif akhirnya memberikan persetujuan dengan catatan.

Antara lain gedung Alun-Alun tidak akan mengubah Patung Walikota Bismo, kemudian tidak akan dipasang pagar pembatas atau gedung-gedung tinggi.

 “Terkait pembangunan Alun-Alun Kota Kediri, ciri khas Kediri harus lebih diutamakan daripada unsur sejarah dan budaya,” jelas Katino, dikonfirmasi media usai Public Hearing.

Selain itu, sejumlah anggota DPRD di Gedung DPRD Kota Kediri juga berharap keberadaan Alun-Alun menjadi bagian tak terpisahkan antara Masjid Agung dan Pendopo.

Sedangkan pihak eksekutif akan menampung usulan yang disampaikan wakil rakyat.

“Ada beberapa desain, dan apa yang diharapkan wakil rakyat, sudah kami siapkan sebelumnya. Kami berterima kasih atas saran dan masukannya untuk pengembangan Alun-Alun tahun ini.

Terkait keberadaan PKL, Tanto Wijohari selaku Kepala Disperindag dan Eko Lukmono selaku Kepala Satpol PP menyatakan akan segera menyiapkan tempat relokasi.

“Beberapa tempat alternatif relokasi PKL sudah kami siapkan selama pembangunan,” kata Tanto Jauhari

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Phepen
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya