SUARA INDONESIA KEDIRI

Wujudkan Pemilu 2024 Ramah Disabilitas di Kota Kediri

Phepen - 11 October 2023 | 15:10 - Dibaca 1.03k kali
Politik Wujudkan Pemilu 2024 Ramah Disabilitas di Kota Kediri
Salah satu peragaan pemilih disabilitas saat menggunakan hak pilihnya dalam Sispamkota Kediri. (foto: Phepen/Suaraindonesia.id)

KEDIRI, Suaraindonesia.co.idKPU Kota Kediri akan memberikan layanan Pemilu 2024 yang ramah disabilitas, sehingga pemilih disabilitas dapat menggunakan hak pilihnya di bilik suara senyaman dan sebebas mungkin tanpa tekanan. Di antaranya, TPS di Kota Kediri aksesibel bagi disabilitas  dan template surat  suara braille. Hal tersebut terlihat dalam salah satu adegan yang diperagakan dalam Sispamkota, Selasa (10/10/2023). 

Komisioner KPU Kota Kediri Divisi SDM Moch Wahyudi, menyampaikan Pemilu 2024 adalah pemilu inklusif, artinya pemilihan umum dirancang untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan yang setara untuk berpartisipasi dalam pemilihan politik.

"Teman-teman disabilitas itu tetap akan kita fasilitasi, yang kita lakukan adalah membuat TPS  yang aksesibel, bagaimana bisa ramah terhadap teman-teman disabilitas," jelas Wahyudi. 

Kemudian yang kedua, Wahyudi menambahkan, pihaknya akan membuatkan template surat suara. "Kalau kemarin di Pemilu 2019 itu kan ada kayak guru braille gitu sehingga surat suara dimasukkan ke template itu, baru kemudian mereka nyoblos dengan cara mereka itu membaca braille-nya," ucapnya. 

Masih kata Wahyudi, nantinya jika  ada yang tidak bisa memberikan hak suara sendiri, mereka bisa didampingi oleh anggota keluarganya. "Ada fasilitas untuk teman-teman yang tidak mampu atau pemilih yang tidak mampu untuk memberikan hak pilihnya sendiri. Itu bukan diwakilkan, tapi didampingi oleh anggota keluarganya atau salah satu petugas TPS untuk kemudian memberikan hak suaranya," tambahnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Phepen
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Terpopuler

Featured SIN TV

Feature

View All