SUARA INDONESIA KEDIRI

Tim Pengembangan RSUD Daha Husada Pemprov Jatim Kosongkan Belasan Rumah di Kota Kediri

Phepen - 05 June 2023 | 12:06 - Dibaca 1.24k kali
Peristiwa Daerah Tim Pengembangan RSUD Daha Husada Pemprov Jatim Kosongkan Belasan Rumah di Kota Kediri
Warga penghuni rumah aset milik Pemprov Jatim di Kota Kediri, histeris saat ditertibkan. (Foto: Phepen/Suaraindonesia.co.id)

KEDIRI, Suaraindonesia.co.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melakukan penertiban aset milik Pemprov Jatim di Jl. Veteran, Persada Sayang, Kelurahan Mojoroto, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Senin (05/06/2023). 

Hal itu dilakukan dalam rangka upaya Pengembangan RSUD Daha Husada. Penertiban aset Pemprov Jatim ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur bersama Tim Kejati Jatim dan RSUD Daha Husada beserta aparat gabungan TNI/Polri dan Satpol PP. 

Lokasi penertiban aset tersebut meliputi 26 kavling, terdiri dari 4 kavling lahan kosong, 2 kavling telah dibongkar oleh penghuni dan sisanya masih berupa bangunan dengan kurang lebih berjumlah 18 Kepala Keluarga (KK) yang masih menghuni lahan tersebut.

"Upaya penertiban ini dilaksanakan sebagai langkah akhir dari seluruh upaya sosialisasi dan mediasi kepada warga yang telah terlaksana sejak tahun 2015," kata Direktur RSUD Daha Husada, dr. Darwan Triyono.

dr. Darwan menilai ini sebagai upaya yang dilakukan atas sosialisasi yang telah dilaksanakan pada 14 April 2015, bertempat di Dinas PU Bina Marga Kediri, Provinsi Jatim. Lalu pada 26 April 2016, bertempat di RS Kusta Kediri.


Berikutnya pada 08-12 Oktober 2018, dengan mendatangi ke masing-masing rumah warga. Kemudian pada 18 Desember 2018, bertempat di RS Kusta. Lalu pada 15 Desember 2022, bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Kediri.

"Pada 22 Desember 2022, kunjungan ke rumah warga beserta 3 pilar desa (Petinggi/Perangkat Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa). Pada 27 Desember 2022, bertempat di Kejaksaan Negeri Kota Kediri dan audiensi dengan Komisi A DPRD Provinsi Jatim pada 08 Mei 2023," sambung dr. Darwan. 

Ia menambahkan, memiliki surat perjanjian sewa menyewa tanah dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang berakhir pada tahun 2015 dan hanya terdapat 3 KK yang memperpanjang surat perjanjian sampai dengan tahun 2018. 

Sejak tahun 2018 sudah tidak ada perikatan kembali antara warga dengan pemilik (Pemprov Jatim). Dalam perjanjian sewa menyewa telah disepakati pada Pasal 7, Kewajiban PIHAK KEDUA poin D yang tertulis sebagai berikut :

“Mengembalikan obyek perjanjian dalam keadaan kosong seperti bentuk semula dan terawat dengan baik serta tanpa beban biaya apapun apabila jangka waktu sewa menyewa ini berakhir dan tidak diperpanjang lagi baik oleh PIHAK KESATU maupun PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA tidak menanggung risiko atas biaya yang ditimbulkan akibat pengosongan dimaksud".

Selanjutnya, perjanjian sewa menyewa tersebut secara jelas tertulis bahwa warga dilarang untuk menyewakan/mengkontrakkan kembali kepada pihak lain yang tertuang pada Pasal 8 — Larangan sebagai berikut : 

“Selama masa sewa menyewa ini berlangsung, PARA PIHAK dilarang untuk memindahtangankan, menyewakan/mengontrakkan kembali, menjaminkan/menggadaikan/mengagunkan atau melakukan transaksi apapun terhadap obyek perjanjian kepada pihak lain".

Perjanjian sewa menyewa tersebut juga telah dilengkapi dengan surat pernyataan yang ditandatangani oleh warga yang di dalamnya memuat salah satu pernyataan kesanggupan pada poin 5 & 6 sebagai berikut: 

“Bahwa apabila saya melaksanakan perubahan bentuk fisik atas tanah dimaksud, maka segala perubahan dan atau penambahan bentuk fisik yang melekat tanah dimaksud menjadi hak milik Pemerintah Daerah Provinsi dan saya tidak akan menuntut ganti rugi apapun ataupun biaya pengganti atas segala biaya yang telah saya keluarkan”.

“Bahwa saya bersedia untuk meninggalkan tanah dimaksud tanpa meminta ganti rugi berupa apapun bilamana masa sewa saya habis masa berlakunya".

"Upaya penertiban telah melalui prosedur dengan didahului pemberian surat teguran dan surat peringatan dengan jangka waktu sebagai berikut: Surat Teguran 1: 10 April 2023, Surat Teguran 2: 17 April 2023, Surat Teguran 3 : 2 Mei 2023, Surat Peringatan 1: 8 Mei 2023, Surat Peringatan 2 : 16 Mei 2023 dan Surat Peringatan 3 : 22 Mei 2023," jelas dr. Darwan. . 

Untuk diketahui, berdasarkan Sertifikat Hak Pakai Nomor 16 Tahun 1986 aset tanah di Jl. Veteran Persada Sayang adalah sah milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang kemudian telah dilimpahkan kepada RSUD Daha Husada melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/862/KPTS/013/2015 tanggal 27 November 2015.

Tentang Status Penggunaan Tanah Milik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur Kepada UPT Rumah Sakit Kusta Kediri Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Lokasi tersebut akan dimanfaatkan oleh RSU Daha Husada sebagai pengembangan rumah sakit.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Phepen
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya